Selasa, 17 Januari 2017

PELATIHAN ADMINISTRASI, KESEKRETARIATAN DAN TEKNIK SIDANG



Adm News - Sabtu (14/1), Pelatihan Administrasi, Kesekretariatan dan Teknik Sidang dilaksanakan di FISIP UNILA Gedung B.3.1. Kegiatan yang dilaksanakan RTO ini bertemakan “Mengembangkan Kemampuan Administrasi dan Berorganisasi Mahasiswa Menuju Organisasi yang Tertib Administrasi”. RTO mengadakan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi administrasi dalam organisasi. Kegiatan ini tidak hanya bermanfaat bagi mahasiswa tetapi juga bagi SDM dalam organisasi.

 “Kegiatan ini diadakan untuk memenuhi kepentingan admnistrasi dalam organisasi yang pada saat ini masih perlu dibenahi lagi, hal tersebut sesuai dengan tema yang kami angkat pada kegiatan kali ini yaitu mengembangkan kemampuan administrasi dan berorganisasi mahasiswa menuju organisasi yang tertib administrasi” tutur Marshal Adhitama selaku ketua pelaksana kegiatan pelatihan ini.

Mengutip dari penuturan ketua umum Himagara, Hiro Isman, Esensi pelatihan administrasi adalah karena rata-rata mahasiswa kurang paham administrasi, bagaimana cara megurus surat-menyurat dan sebagainya sehingga pelatihan ini akan sangat bermanfaat bagi kita sebagai mahasiswa dan sebagai pengurus dalam organisasi. Sedangkan esensi dari pelatihan kesekretariatan dan teknik sidang lebih bermanfaat ke eksternal organisasi karena rata-rata anak himagara, kurang paham mengenai kesekretariatan dan bagaimana suasana dan teknik sidang sehingga pelatihan ini bisa menjawab persoalan-persoalan dalam administrasi dalam organisasi.

Kegiatan pelatihan ini dihadiri oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumn, Bapak Pairulsyah, Bapak Lukman sebagai pemateri administrasi, Linda Kurniawati sebagai pemateri kesekretariatan dan Nur Kholis Aji sebagai pemateri teknik sidang.

 Materi pertama adalah pelatihan administrasi. Materi yang disampaikan mengenai bagaimana struktur organisasi yang baik, proses surat-menyurat ditingkat jurusan, fakultas dan universitas, jenis-jenis surat berdasarkan bagian akademik dan kemahasiswaan, penerapan tata administrasi dan peraturan akademik. Sesi tanya jawab pada materi administrasi. Materi kedua dilanjutkan dengan materi kesekretariatan. Materi kesekertariatan ini lebih berfokus pada lingkup organisasi sedangkan materi yang sebelumnya lebih pada administrasi di FISIP UNILA. Dan materi terakhir disampaikan oleh Nur Kholis Aji yaitu Ketua Umum Himagara tahun 2011. Beliau memandu jalannya praktek teknik sidang pada acara pelatihan tersebut sehingga para peserta dapat merasakan suasana sidang secara langsung.

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Karya Tulis dan Info Lomba