Sabtu, 18 Maret 2017

PELATIHAN STATISTIK



Adm. News – Statistik? Apa itu statistik? Sebagai mahasiswa kita tidak dapat terlepas dari statistik, karena menulis ilmiah sangat diperlukan ilmu statistik. Selain itu statistik tidak hanya sedekar grafik tetapi statistik memiliki definisi dan cakupan yang lebih luas, maka dari itu Bidang Kajian  Pengembangan Keilmuan (KPK) berinisiatif untuk mengadakan seminar pelatihan statistik yang akan sangat bermanfaat bagi mahasiswa.

Sabtu (18/3), seminar pelatihan statistik telah digelar di FISIP UNILA  gedung B.3.1. Seminar pelatihan statistik ini bertemakan “Mengembangkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Menulis Ilmiah Dengan Statistik”. Dari tema yang diusung tesebut dapat kita simpulkan bahwa KPK berusaha memberikan wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan kemampuan kita dala penulisan ilmiah yang lebih dikhususkan dengan menggunakan statistik.

KPK juga menghadirkan pemateri-pemateri yang ahli dalam bidang statistik, yaitu Drisnaf Swastyardi, MSE., MA dan Yosep,SST.,MIDEC.

Materi pertama diberikan Materi yang disampaikan oleh Bapak Drisnaf. Beliau bersama BPS Mengembangkan, mengkoordinir dan melakukan pembinaan terhadap statistik. Beliau menyampaikan bahwa statistik memiliki pengertian bahwa statistik sebagai ukuran data dan sebagai cabang ilmu pengetahuan maka statistik mempunyai syarat-syarat tertentu pada setiap fungsi statistiknya. Dalam penulisan ilmiah, kita lebih ditekankan pada penulisan yang sistematis, logis dan terstruktur. Materi-materi yang disampaikan mengenai Jenis-jenis grafik, teknik analisis, tabel dan grafik, analisis deskriptif sederhana, ringkas dan mudah dipahami dan tips-tips menulis ilmiah.

Materi kedua disampaikan oleh Bapak Yosep. Bapak Yosep memberikan materi tentang Teknik pengumpulan data dan pengaplikasian software SPSS pada akhir sesi pelatihan. Materi yang disampaikan mencakup Perbedaan sampel dan populasi, perbedaan data dan informasi, macam-macam data, hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum dan saat mengumpulkan data, proses dan cara-cara membuat kuesioner, tips-tips membuat kuesioner. Kemudian setelah memberikan materi, kita diajak secara langsung untuk praktek menggunakan software SPSS.

Kedua pemateri pelatihan statistik menekan pada kejujuran, jangan takut dalam penggunaan tools dan jangan terpaku pada keterbatasan dalam menulis ilmiah dengan statistik.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Karya Tulis dan Info Lomba