Jumat, 13 Januari 2017

KULIAH KERJA NYATA

Kuliah Kerja Nyata atau biasa disebut KKN adalah kegiatan wajib bagi mahasiswa yang telah memenuhi syarat. Kuliah kerja nyata ini diadakan dengan tujuan untuk menanamkan sikap loyalitas untuk mengabdi kepada masyarakat, menggali kreatifitas mahasiswa untuk membuat dan menjalankan program kerja bagi daerah dimana mahasiswa tersebut melaksanakan KKN.

Selama KKN, mahasiswa dituntut untuk bisa melebur dengan masyarakat dan bisa memberdayakan masyarakat sehingga mahasiswa juga ikut ambil bagian dalam membantu kemajuan bangsa melalui pemberdayaan masyarakat desa. KKN tahap I 2017 akan berlangsung selam 40 hari, dimulai sejak tanggal 19 Januari 2017. Apa sajakah kegiatan sehari-hari mahasiswa selama KKN? Kegiatannya tentu setiap mahasiswa berbeda-beda, tergantung pada program kerja yang mereka buat. Jika berbicara program kerja, berikut ini adalah beberapa program kerja yang bisa dilakukan oleh mahasiswa Ilmu Administrasi Negara sebagai referensi untuk mahasiswa Ilmu Administrasi Negara.

 1. Monografi Desa
Program kerja pembuatan buku atau papan monografi desa berguna untuk mengenai kondisi, potensi, serta data-data mengenai desa. Pembuatan monografi termasuk kategori administrasi desa. Pembuatan monografi desa ini dibuat berdasarkan Permendagri Nomor 13 tahun 2012.

2. Profil Desa
Pembuatan profil desa bisa dibuat dalam bentuk papan atau dalam bentuk buku. Pembuatan profil desa ini berisi tentang gambaran menyelutuh mengani desa. Pembuatan profil desa dibuat sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 12 Tahun 2007.

3. BUMDes
Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) adalah lembaga usaha yang ada dikelola oleh masyarakat dan pemerintah desa. Program kerja yang bisa buat dari adanya BUMDes ini adalah dengan membantu pengelolaan BUMDes atau kita bisa ikut serta dalam kegiatan-kegiatan BUMDes tersebut.

4. Dana Desa
Dana Desa adalah dana yang dialokasikan oleh pemerintah pusat kepada desa untuk membangun desa tersebut. Program kerja yang bisa diajukan adalah membantu pengelolaan atau memberikan penyuluhan mengenai Dana Desa. Program kerja di atas adalah beberapa dari sekian banyak program kerja yang bisa kita laksanakan di desa. penerapan program kerja disesuaikan dengan kondisi dan keadaan desa dimana mahasiswa di tempatkan.

 SEMANGAT MEMBANGUN DESA, HIMAGARA 

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Karya Tulis dan Info Lomba