Senin, 19 Desember 2016

PELATIHAN MENULIS ESAI DAN JURNALISTIK


Adm. News – Sabtu (10/12), Bidang Kajian Pengembangan Keilmuan telah berhasil menjalankan salah satu program kerjanya, yaitu Pelatihan Menulis Esai dan Jurnalistik. Kegiatan ini dilaksanakan mulai 08.00 hingga selesai yang bertempat FISIP Unila Gedung B.3.3. Kegiatan pelatihan ini dibuka untuk umum, jadi tidak hanya mahasiswa Ilmu Administrasi Negara saja yang dapat menghadiri kegiatan tersebut tetapi siapapun yang berminat untuk menjadikan hari sabtunya bermanfaat bisa juga hadir. Sebagai mahasiswa tentu saja pelatihan ini sangat dibutuhkan, karena seorang mahasiswa yang berkualitas tidak hanya menyuarakan aspirasinya secara lisan tetapi juga harus bisa menyuarakan aspirasinya melalui tulisan ilmiah.

Kegiatan pelatihan menulis esai ini bertujuan untuk mengenalkan dan meningkatkan kemampuan peserta dalam bidang penulisan esai. Selain itu kegiatan ini merupakan ajang para peserta untuk mengekspresikan ide-ide berupa gagasan kreatif dan inovatif dalam bidang penulisan.

Kegiatan ini diharapkan memberikan keluaran yang mengerti dan memahami penulisan ilmiah dalam bentuk esai. Keluaran ini diharapkan mendapat gambaran terstruktur dan terperinci tentang penulisan ilmiah. Sehingga harapan pemerintah dalam hal ini DIKTI untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas Karya Ilmiah dengan penulisan jurnal bagi mahasiswa S1, S2, dan S3 dapat terlaksana.

Melatih keterampilan menulis esai dan opini bagi mahasiswa di Provinsi Lampung dan mendukung Gerakan Literasi Nasional (GLN) serta mengembangkan kemampuan dan pengetahuan dunia penulisan di dalam jurnalistik juga merupakan bagian dari tujuan dilaksanakannya kegiatan ini.


Dari awal hingga akhir pelatihan, seluruh peserta sangat antusias dan menikmati berbagai materi yag disampaikan oleh para pemateri. Peserta yang hadir ramai meskipun pada hari tersebut  Kegiatan bermanfaat ini menghadirkan pemateri-pemateri yang mumpuni dalam bidangnya, yaitu Pak Andry Kurniawan, seorang wartawan Kompas TV yang memberikan pengetahuan menulis eai dalam bidang jurnalistik dan penyampaian berita dan  Bu Yanti Riswara, seorang Kepala Kantor Bahasa Provinsi Lampung yang memberikan kiat-kiat bagaimana menulis kreatif dengan menarik minat baca serta sesuai dengan kaidah kebahasaan.

Tidak hanya dua pemateri tersebut, tetapi KPK menghadirkan Mistery Guest yang sejak awal sengaja tidak diberitahukan kepada para peserta, yaitu Pak Triyadi Isworo, beliau adalah seorang Jurnalis Lampost yang sudah sangat berpengalaman dalam bidang yang beliau geluti. Pak Triyadi memberikan pelatihan bagaimana menulis esai yang berkualitas.

“acara pelatihan esai, keseluruhan acara sudah terlaksana dan terealisasi dengan dilakukannya penulisan serta tata cara penulisan yang baik dari pemateri dan ditambah mystery guest sebagai pemateri dan membantu praktik langsung penulisan esai sedangkan Kendala yang muncul adalah menarik minat peserta untuk datang karena waktu pelaksanaan bertepatan dengan Maulid Nabi SAW yang pada hari itu juga libur tetapi dapat diatasi dengan gencarnya penyebaran informasi sejak satu minggu sebelum pelaksanaan kegiatan” tutur Dwiyan Alfino selaku ketua pelaksana kegiatan.

“Alhamdulillah acara terlaksana dengan cukup baik dan peserta bahkan ada yg tidak kebagian tempat. Bersyukur walaupun dengan persiapan yg alakadarnya” tutur Dinda Puji Lestari selaku Ketua Bidang KPK.

Semangat terus untuk KPK dalam menyediakan wadah menggali ilmu pengetahuan bagi mahasiswa, terutama mahasiswa Ilmu Administrasi Negara. HIDUP HIMAGARA!!

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Karya Tulis dan Info Lomba