Kamis, 28 Mei 2015

Rumah Baca LMC Unila di Resmikan

Image result for rumah baca
Adm.News - Universitas Lampung (Unila) meresmikan rumah baca di Desa Margasari, Kecamatan Labuhanmaringgai, Lampung Timur, Jumat (22/5) lalu. Hal ini sebagai bentuk kepedulian terhadap warga sekaligus mengimplementasikan tri darma perguruan tinggi yakni pengabdian kepada masyarakat.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyaraat (LP2M) Unila Dr. Eng. Admi Syarif, menjelaskan, peresmian rumah baca ini adalah kelanjutan dari program 50.000 buku yang digagas lembaganya. Dengan fasilitas itu diharapkan dapat membantu masyarakat sekitar untuk mengasah ilmunya.

Menurutnya, pendirian rumah baca ditujukan untuk memberikan manfaat kepada masyarakat sekitar. Selain menjaga kelestarian mangrove, rumah baca dijadikan media untuk mereka mengasah ilmu dan keterampilan.

“Kami menargetkan hingga September, tepatnya pada dies natalis emas Unila terkumpul 50 ribu buku. Saat ini masih berkisar sekitar 10.000 buku. Di Desa Margasari ini juga terdapat Lampung Mangrove Center (LMC) milik Unila yang dikelola oleh masyarakat. Semua buku itu akan menjadi koleksi di rumah baca Mangrove Center kita,” paparnya.

Rektor Unila Prof. Dr. Ir. Sugeng P. Harianto, M.S., menambahkan, kegiatan dimaksudkan untuk meningkatkan mutu pendidikan dan pengembangan sumberdaya manusia bagi siswa di wilayah pesisir, khususnya di Desa Margasari yang telah menjadi bagian dari keluarga besar Unila.

Unila selalu mendukung rumah baca Mangrove Center guna meningkatkan pendidikan masyarakat melalui pendirian fasilitas pendukung. Sehingga dapat membawa dampak yang besar bagi masyarakat untuk bersama-sama menjaga kelestarian mangrove ini. Selain meresmikan rumah baca, Unila menyosialisasikan kepada masyarakat terkait apa saja yang sudah dicapai. Serta menyosialisasikan program Unila untuk pengabdian kepada masyarakat.
Diketahui, mangrove binaan LP2M Unila menjadi yang terbaik di Indonesia. Hal ini berdasarkan klaim sejumlah peneliti dari Saga University, Yokohama University, dan sejumlah universitas luar negeri lainnya. LP2M Unla juga terus berkomitmen mengembangkan Desa Margasari sebagai desa binaan. Komitmen itu terkait pengembangan LMC di wilayah tersebut.
Sumber: unila.ac.id


0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Karya Tulis dan Info Lomba