Selasa, 31 Maret 2015

Program Nol Persen DO Akomodasi Mahasiswa Difabel




Adm.News - Tak hanya mendongkrak jumlah wisudawan, program nol persen drop out (DO) yang diterapkan Universitas Lampung (Unila) juga diimplementasikan untuk mengakomodasi para mahasiswa yang kurang secara akademik maupun difabel.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Unila Sunarto DM, S.H.M.H., mengatakan, selain meningkatkan Angka Partisipasi Kasar (APK), implementasi nol persen DO yang diberlakukan Unila sejak tiga tahun terakhir ditujukan untuk mengakomodasi para mahasiswa yang kurang dari segi nalar akademik maupun difabel.

Menurutnya, tidak semua mahasiswa memiliki tingkat akademik yang sama. Bagi mereka yang kurang secara akademik akan diberi toleransi masa studi maksimal hingga tujuh tahun. Bentuk keistimewaan ini merupakan kewajiban Unila dalam membentuk sumberdaya manusia (SDM) yang berkualitas meski dalam kondisi intelektual maupun fisik yang tidak sama.

“Tinggal pendidikannya yang harus intensif. Kalaupun kepepet ataupun terpaksa, paling kita minta mahasiswa itu pindah fakultas, jurusan, hingga pindah kampus. Adanya peraturan itu juga harus disertai toleransi dari petinggi kampus (rektor, red),” jelasnya.

Sebelumnya Rektor Unila Prof. Dr. Ir. Sugeng P. Harianto, M.S., juga menerangkan, menteri pendidikan dan kebudayaan beberapa tahun lalu mencanangkan program nol persen drop out. Program yang sama juga diberlakukan di sini (Unila, red) yang kemudian disusul dengan dibentuknya posko-posko anti-DO.

Selama pelaksanaannya, program ini tidak membuat para mahasiswa berleha-leha justru berkerja keras diikuti dengan progres pencapaian nilai-nilai akademik di tingkat jurusan hingga fakultas.

“Setelah itu kami menugaskan mulai dari wakil rektor III dan para wakil dekan III tiap fakultas agar melakukan pembinaan khusus kepada para mahasiswa yang kurang itu. Progresnya banyak sekali. Misalnya saja, banyak fakultas yang meluluskan para mahasiswanya 3,5 tahun. Terakhir malah fakultas teknik mencetak mahasiswa terbaik saat wisuda beberapa lalu. Ini kan prestasi yang membanggakan,” pungkasnya.
 
Sumber: unila.ac.id

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Karya Tulis dan Info Lomba