Selasa, 31 Maret 2015

Masuki Tahun Keempat, Program ADik Dibuka Kembali



Adm.News - Memasuki tahun keempat, Program Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADik) dibuka kembali. Animo anak Papua mengikuti program di Universitas Lampung semakin meningkat dari tahun ke tahun. Demikian dikatakan Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Lampung (BAK Unila) Harsono Sucipto, S.H.,M.H., saat ditemui di ruangannya, beberapa hari lalu.

Ia mengatakan, program ini adalah upaya pemerintah yang mengharapkan putra daerah Papua dapat mengasah kompetensinya dengan melanjutkan studi di pendidikan tinggi. Sucipto mengakui, di antara mereka ada yang masih sedikit kesulitan beradaptasi dengan kehidupan di Lampung. Namun, kian hari mulai terbiasa.

Kendati demikian Sucipto belum mengetahui berapa banyak mahasiswa ADik yang akan diterima Unila tahun ini. “Unila hanya bertugas menjadi pelaksana tempat anak-anak ini berkuliah. Masalah beasiswa, keuangan, dan kuota yang akan diterima, itu bergantung dari pusat,” ujarnya.

Kabag Kemahasiswaan BAK Unila Retno Daruwati menambahkan, sejak 2012 hingga kini, Unila masih menjadi tempat berkuliahnya 29 orang putra daerah Papua. “Delapan orang angkatan 2012, 7 orang angkatan 2013, dan 14 orang angkatan 2014,” urainya.

Menurut Retno, ada beberapa mahasiswa ADik yang beberapa tahun lalu kembali ke daerah asalnya karena tidak sanggup lagi mengikuti ritme akademik. “Mungkin tahun-tahun awal seleksi belum ketat. Makanya ada beberapa mahasiswa ADik yang tidak bisa mengikuti ritme akademik, tapi seleksi semakin ketat dan sudah diberikan matrikuliasi kini mereka sudah mulai bisa ikut ritme,” jelasnya.

Diketahui, permasalahan yang dialami sejumlah PTN dan politeknik penerima mahasiswa ADik adalah kesulitan membina kultur akademik, terutama perlakuan khusus kepada peserta yang seringkali berbenturan dengan aturan pembelajaran di kampus.

Pendaftaran seleksi calon peserta Program Afirmasi tahun 2015 ini akan dibuka mulai 28 Maret. Penyelenggara seleksi adalah Ditjen Dikti. Sementara, PTN dan politeknik pelaksana dilibatkan dalam penetapan kelulusan peserta yang dijadwalkan pada 1 Juni 2015. Seleksi akan dilakukan bertahap yang mencakupi seleksi khusus Afirmasi Pendidikan Tinggi di provinsi terkait dan SNMPTN-SBMPTN jalur Afirmasi.
 
Sumber: unila.ac.id

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Karya Tulis dan Info Lomba