Kamis, 12 Maret 2015

LP3M Optimistis Unila Raih Akreditasi A




Adm.News - Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu Universitas Lampung (LP3M Unila) optimistis kampusnya mampu meraih peringkat akreditasi A. Hal itu didasari dari proyeksi hasil asesmen lapangan oleh empat orang tim asesor dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) yang melakukan visitasi ke Unila pada 5-8 Maret lalu.

Kepala LP3M Unila Dr. Ir. Murhadi, M.Si., mengatakan, berdasarkan hasil rapat koordinasi internal beberapa waktu lalu diperkirakan Unila mampu meraih nilai 361. Poin tersebut menjadi syarat untuk mendapatkan peringkat akreditasi A. Jika Unila berhasil mencapai akreditasi A, sambungnya, maka Kampus Hijau ini akan mengikuti jejak Universitas Andalas, Sumatera Barat maupun Univeristas Hasanuddin, Makasar.

Ditambahkan Murhadi, usai mengadakan rapat pimpinan beberapa hari lalu timnya juga memperhitungkan kemungkinan perolehan akreditasi B. Jika Unila memperoleh peringkat B plus maka bisa mengajukan banding seperti yang dilakukan beberapa perguruan tinggi lain.

Kendati demikian dirinya tak menampik bahwa dari hasil asesmen lapangan tim asesor BAN-PT beberapa waktu lalu masih terdapat beberapa kekurangan yang harus segera dibenahi sebelum akhir penilaian yang akan diumumkan 2 sampai 3 bulan mendatang.

“Kita prediksi bisa capai nilai 364,68. Hasil itu sudah mencukupi indikator nasional. Memang kita yakin dapat A, tapi sesuai pleno jika meleset kita juga realisatis dapat B. Ada 101 item indikator dengan tujuh penilaian standar yang ditetapkan BAN-PT. Itu harus kita selesaikan sebelum Mei mendatang,” imbuhnya.

Murhadi mencontohkan, poin kelemahan yang harus ditingkatkan seperti jumlah dosen bergelar doktor yang harus berjumlah minimal 302 orang sesuai syarat minimal ketentuan nasional. Sementara Unila saat ini baru memiliki dosen bergelar doktor sebanyak 160 orang dari 1.124 total dosen.
 

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Karya Tulis dan Info Lomba