Rabu, 14 Januari 2015

Unila Kucurkan Dana Resultemen Mahasiswa




Adm.News - Universitas Lampung (Unila) kucurkan uang resultemen atau dana kedatangan kuliah awal tahun bagi para mahasiswa baru pekan lalu. Meski sempat terlambat, pembayaran uang resultemen mahasiswa Unila yang berdomisili di luar kota Bandarlampung telah terealisasikan Senin (5/1) lalu.

Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan (BAK) Unila Harsono Sucipto, S.H., M.H., mengatakan, dana resultemen diperuntukkan bagi para mahasiswa bidik misi Unila yang berasal dari luar Kota Tapis Berseri maupun di luar provinsi Lampung. Ketika ditanya jumlah dana yang diterima mahasiswa, Sucipto menjelaskan, dana tiap mahasiswa itu tidak sama satu sama lain.

“Pembayaran biaya hidup itu diperuntukkan bagi 805 mahasiswa dengan kisaran tiap mahasiswa mendapat Rp150 ribu. Itu berarti Unila mengeluarkan sekitar Rp120.750.000 untuk dana resultemen tahun akademik 2015/2016,” pungkasnya.

Ia menjelaskan, rencananya pembayaran uang resultmen atau dana kedatangan kuliah awal tahun bagi para mahasiswa baru ini dibayarkan di akhir tahun 2014 lalu, namun baru terealisasikan pekan lalu karena terkendala jadwal libur natal dan tahun baru mulai 23 Desember 2014 hingga 4 Januari 2015. Pembayaran dilakukan di lobi belakang Rektorat Unila.

Menurutnya, pembagian uang yang merupakan hak mahasiswa baru di luar domisili Kota Bandarlampung bukan karena faktor keterlambatan akibat keteledoran pihak kampus. Akan tetapi keterlambatan itu disebabkan karena pencairan dana dari Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemneristek Dikti) tahun anggaran 2015 melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) baru diterima pada 13 Desember lalu dan baru dikeluarkan menjelang masuk kuliah yang bertepatan dengan waktu libur mahasiswa.

“Kita tidak tahu kesulitan pemerintah pusat dalam proses pencairan DIPA itu. Dana kiriman pusat tersebut harusnya diterima tiap Perguruan Tinggi Negeri (PTN) sebelum dibuat ketetapannya akhir Desember lalu,” kata Sucipto.
 
Sumber: unila.ac.id

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Karya Tulis dan Info Lomba