Selasa, 14 April 2015

LPDP Kembali Gelar Sosialisasi Layanan




Adm.News - Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan Republik Indonesia kembali menyosialisasikan program beasiswa di Universitas Lampung (Unila), Kamis (9/4) lalu. Kegiatan yang berlangsung di Lantai IV, Gedung Rektorat Unila ini disampaikan Direktur LPDP Abdul Kahar, Asesor LPDP Prof. Siti Herlinda, dan Senior Analis Beasiswa LPDP Setiawan. 

Sosialisasi ini diperuntukkan bagi para peserta yang terdiri dari mahasiswa tingkat akhir, dosen muda, alumni muda dari perguruan tinggi negeri dan swasta di Lampung sebagai generasi penerus, termasuk juga wakil pemerintah daerah yang menjadi target beasiswa LPDP meliputi Pesawaran, Lampung Utara, Lampung Barat, dan Waykanan.

Dalam sambutannya mewakili Wakil Rektor IV Unila, Dr. Ing. Ardian Ulvan mengatakan, kegiatan dibagi menjadi dua sesi yakni presentasi program beasiswa magister dan doktoral serta pemaparan program pendanaan riset LPDP bagi para dosen peneliti.

“Selain beasiswa ada dana untuk riset dan lain-lain. Semoga acara ini bermafaat dan ke depan Unila dapat memanfaatkan kerja sama ini dengan sebaik-baiknya,” ujarnya.

Abdul Kahar mengatakan, LPDP merupakan institusi pemerintah yang berada di bawah Kemenkeu. Berbagai program layanan LPDP meliputi beasiswa, pengembangan dana, pendanaan riset, dan rehabilitasi fasilitas pendidikan.

Timeline seleksi program beasiswa ini dibagi menjadi empat periode. Dimulai dari periode I pada 20 November-23 Januari, periode II 24 Januari-27 April, periode III mulai 28 April-24 Juli, sedangkan periode IV mulai 28 Juli hingga 19 Oktober 2015.

Adapun beasiswa pendidikan Indonesia terbagi menjadi magister doktor, tesis disertasi, spesialisasi kedokteran, afirmasi, Indonesia presidential scholarship. Sedangan bidang ilmu dan tema prioritas meliputi teknik, sains, kelautan dan perikanan, pertanian, kedokteran/kesehatan, akuntansi/keuangan, pendidikan, hukum, agama, sosial, ekonomi, budaya, seni, dan bahasa.

Tema prioritas meliputi kemaritiman, perikanan, pertanian, ketahanan energi dan pangan, industri kreatif, menajemen pendidikan, teknologi transportasi, teknologi pertahanan dan keamanan, teknologi informasi dan komunikasi, teknologi kedokteran dan kesehatan, lingkungan hidup, keagamaan, keterampilan, ekonomi/keuangan syariah, budaya/bahasa, serta hukum bisnis internasional.

Total target layanan beasiswa LPDP 2015 adalah 3.100 orang. Penerima beasiswa level doktor diharapkan meningkat 40 persen dibandingkan tahun lalu. Oleh karena itu bagi para peserta jangan takut bersaing. Yang penting sudah mempersiapkan diri guna memenuhi kriteria dan lewat seleksi administrasi.

“Setelah terpilih, akan ada program pengelolaan talent management sebagai filter, baru muncul lah strong leadership yang diharapkan mampu memajukan bangsa ini ke depan,” imbuhnya.
 
Sumber: unila.ac.id

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Karya Tulis dan Info Lomba