Jumat, 27 Maret 2015

Kejar Akreditasi A Dengan Program Nol Persen DO

Adm.News - Universitas Lampung (Unila) memberlakukan program nol persen drop out (DO) sejak tiga tahun terakhir. Selain meningkatkan jumlah wisudawan, program diharapkan meningkatkan grade akreditasi Unila menuju peringkat A.

Demikian dipaparkan Rektor Unila Prof. Dr. Sugeng P. Harianto, M.S., saat ditemui di Gedung Serbaguna Unila, Rabu (25/3) lalu. Dalam kesempatan itu ia mengatakan, program nol persen drop out ini sebagai langkah efisiensi Unila dalam meluluskan mahasiswanya.

Sugeng menilai, program nol persen DO tidak hanya berefek positif dalam menyinergikan potensi tapi juga menyeimbangkan mutu dan kualitas calon mahasiswa yang masuk dengan para alumninya.

Selain itu, program nol persen DO diterapkan untuk meningkatkan Angka Partisipasi Kasar (APK), terutama dalam meningkatkan total lulusan atau alumni Unila yang hingga 25 Maret lalu sudah berjumlah 84.602 orang. “Itu juga dapat meningkatkan grade akreditasi Unila mengejar peringkat A,” kata dia.

Apalagi, sambungnya, di wilayah Sumatera hanya ada tiga Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yakni Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Andalas (Unand), dan Universitas Sriwijaya (Unsri). Diharapkan dengan program nol persen DO dilengkapi grade akreditasi Unila A, tak hanya Lampung tapi calon mahasiswa lain dari seluruh Indonesia bisa kuliah di sini.

Dengan tidak ada program drop out dari sisi akademik, dosen mampu mendidik dan mengembangkan sumberdaya manusia mahasiswa yang diterima agar lulus sesuai Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) dilengkapi petunjuk teknis (juknis) di Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 49 tahun 2014, dan Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Perguruan Tinggi bahwa masa studi program diploma empat dan sarjana harus 5 (lima) tahun.

Sumber: unila.ac.id

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Karya Tulis dan Info Lomba