Jumat, 16 Januari 2015

Unila Bebas Program Studi Nonakreditasi


Adm.News - Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) melansir data ada 546 program studi (prodi) di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang tidak lolos akreditasi. Sebanyak 483 di antaranya berasal dari PTN. Universitas Lampung (Unila) sendiri sejak akhir tahun 2014 lalu sudah terbebas dari program studi nonakreditasi.

Demikian dipaparkan Ketua Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Unila Dr. Ir. Murhadi, M.Si., ketika ditemui Tim Web di ruang kerjanya, kemarin. Ia mengatakan, sampai hari ini Unila memiliki 94 prodi.

Terdiri dari 70 prodi yang masa operasionalnya lebih dari dua tahun. Sisanya 24 prodi dipilah lagi menjadi 6 dengan masa operasional lebih dari satu tahun tapi kurang dari dua tahun. Sedangkan 18 prodi lainnya memiliki masa operasional kurang dari satu tahun.

Operasional, kata dia, dihitung sejak pertama kali menerima mahasiswa di tahun ajaran baru, bukan berkaitan dengan izin. Dan dari 24 prodi yang ada di Unila tersebut tidak masuk dalam perhitungan karena masa operasionalnya masih baru dan biasanya secara otomatis terakreditasi C asalkan prodi tersebut memiliki izin.

“Pada ranah akreditasi BAN-PT hanya yang beroperasional lebih dari dua tahun saja yang diekspose,” ujarnya.

Murhadi kembali menjelaskan, dari 70 prodi tersebut dipilah lagi menjadi 12 program studi D-3, 15 program studi S-2, dan 43 program studi S-1 dan/atau profesi. Dari 70 program studi yang ada saat ini, prodi yang terakreditasi A sebanyak 12, yang terakreditasi B sebanyak 54, dan yang terakreditasi C sebanyak 4 prodi.

Dari 20 prodi yang kadaluarsa dan belum terakreditasi di tahun 2013, sambungnya, saat ini menjadi nol. Prodi-prodi tersebut rata-rata naik peringkat akreditasi menjadi B yakni sebanyak 17 program studi dan 3 yang masih terakreditasi C.

“Jadi alhamdulilah kita (Unila, red) bebas dari perguruan tinggi nonakreditasi,” pungkas Murhadi.
 
Sumber: unila.ac.id

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Karya Tulis dan Info Lomba