Minggu, 01 November 2015

HIMAGARA DAY DAN PUBLIC CARE “HIMAGARA BERBAGI” BERSAMA ANAK PANTI



Adm.News- Untuk menyukseskan acara ulang tahun Himagara yang ke-16, kepengurusan Himagara tahun 2015-2016 khususnya bidang Rumah Tangga Organisasi (RTO) dan Hubungan Luar (Hublu) bekerjasama menggelar acara Himagara Day dengan tema “Himagara Berbagi” serta Public Care yang diselenggarakan dip anti Raudhatul Jannah tepatnya di desa Jati Mulyo Kabupaten Lampung Selatan. Kegiatan ini dimulai pada hari ini Minggu (1/11) pukul 09.00 WIB dan dihadiri oleh angkatan 2013, 2014, dan 2015 serta dosen Ilmu Administrasi Negara Bapak Izzul Fatchu Reza.

Rangkaian acara pada kegiatan ini adalah pembukaan, tilawah qur’an, sambutan-sambutan, doa dan penutup. Selain acara formal juga terdapat rangkaian acara non-formal yaitu pemotongan tumpeng yang diiringi dengan doa oleh Bapak Husni Mubarok, serta ada hiburan qasidahan dari anak-anak panti dilanjutkan dengan makan dan shalat bersama, ada games sebagai penghibur dan acara yang terahir adalah nonton bersama.

Kegiatan yang berlangsung dengan sukses dan menuai antusias yang luar biasa ini, tentuanya akan sangat bermanfaat untuk kegiatan-kegiatan selanjutnya agar lebih menerapkan dan melibatkan lingkungan sekitar di dalamnya.

Ketua umum Himagara Sidik Aryono dalam sambutannya mengatakan, acara ini sangat bagus untuk terus berjalan, karena dapat memberikan manfaat kepada anak-anak panti dan untuk kita semua khususnya mahasiswa Ilmu Administrasi Negara agar terus berbagi di lingkungan sosial seperti yang tengah dilaksanakan hari ini yaitu Himagara Day. Dengan kegiatan ini kita dapat merasakan apa yang tengah dirasakan oleh adik-adik yang ada di Panti ini, karena disini kita bisa berbagi keceriaan, ilmu, kebahagiaan, berbagi apa yang kita punya kepada mereka yang lebih membutuhkan. Semoga kegiatan ini akan terus berjalan dan terkenang nantinya, pungkasnya”.

Kepala Bidang Hublu, Desti Eka Rahmawati mengatakan, tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah sebagai wujud eksistensi Himagara dalam lingkungan sosial masyarakat juga sebagai wujud kepedulian sosial mahasiswa FISIP khususnya jurusan Ilmu Administrasi Negara yang tidak hanya berkecimpungan di bidang politik saja tetapi juga di bidang sosial.

“Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini ialah sebagai wujud eksistensi dan kepedulian sosial mahasiswa FISIP khususnya jurusan Ilmu Administrasi Negara supaya tidak hanya berkecimpungan di bidang politik saja tetapi juga di bidang sosial masyarakat terkhusus yang sangat membutuhkan seperti Panti Raudhatul Jannah ini, pungkasnya”.

Eka Fitria Andriani selaku kepala bidang RTO menambahkan, kegiatan ini sangat penting untuk dilaksanakan yang sifatnya pun nanti akan lebih kepada memberikan pembelajaran kepada mahasiswa Ilmu Administrasi Negara yang nantinya akan bekerja untuk masyarakat dan melayani masyarakat, dan tentunya melalui kegiatan inilah kita dapat mempelajari itu semua, “ujarnya”.

Melihat realitas yang ada, memang sudah sepatutnya mahasiswa ikut ambil peran dalam kehidupan sosial. Karena melalui hal-hal kecil inilah karakter, kemampuan, dan kepribadian itu akan terbentuk yang akan terus tertanam hingga dewasa kelak, ujar Tiara Novita selaku kepala bidang Data dan Informasi.

“Kegiatan ini memang sangat layak di terapkan, karena memang sudah sepatutnya mahasiswa belajar sedini mungkin dalam mengambil peran di kehidupan sosial, dan melalui kegiatan-kegiatan seperti inilah kita dapat mengetahui karakteristik, kualitas kemampuan yang dimiliki, dan pembentukan kepribadian yang mungkin saja masih banyak sekali diantara teman-teman sekalian yang belum bisa menemukan jati diri atau bisa dikatakan dimana letak kemampuan mereka, ujarnya”.

Selain itu juga Bapak Husni Mubarak selaku Pimpinan Panti Raudhatul Jannah menceritakan sekilas sejarah berdirinya panti Raudhatul Jannah yang pada mulanya merupakan hutan belantara kemudian ia bersama dengan istrinya berusaha membuka lahan dan membuat panti tersebut hingga berdirilah panti Raudhatul Jannah pada tanggal 24 September 2010. Mulanya hanya ada empat orang anak panti, kian bulan dan tahun kian bertambah hingga mencapai kurang lebih 40 anak yang ada dip anti tersebut.

Ia juga mengatakan bahwa anak-anak yang ada di panti tersebut tidak hanya berdiam diri di lingkungan panti tetapi juga mereka mendapatkan donatur yang berupa biaya untuk menempuh pendidikan dan sekarang mereka dapat mengenyam pendidikan yang layak, diantaranya sekolah SD, SMP, bahkan ada yang sudah duduk di bangku SMK dengan prestasi yang layak untuk diberi penghargaan karena semangat mereka, mereka berhasil mendapat peringkat 1-5 besar.

Rika merupakan salah satu anak Panti Raudhatul Jannah mengatakan, “saya sangat senang tinggal dip anti ini, teman yang banyak dan ramai, juga banyak sekali pelajaran-pelajaran yang saya dapatkan seperti sekolah, belajar Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Qori, Mengaji, dan qasidahan, ujarnya”.

Harapan terbesar dari Keluarga Himagara, semoga kegiatan ini akan terus berlangsung dan dapat memberikan motivasi bagi anak-anak yang ada di Panti Raudhatul Jannah khususnya agar terus semangat dalam belajar dan berbagi seperti tema Himagara Day ini yaitu “Himagara Berbagi”.

Dain Himagara, 2 November 2015

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Karya Tulis dan Info Lomba