Rabu, 25 Maret 2015

Himagara Adakan Kunjungan ke KPU Kota Bandar Lampung


Adm.News - Himpungan Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara (Himagara) FISIP Unila kembali melaksanakan sebuah program kerja kunjungan instansi yaitu kunjungan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandar Lampung. Kunjungan instansi tersebut dilaksanakan oleh bidang Hubungan Luar (Hublu) yang dikepalai oleh Ayu Widya Puspita. Kegiatan kunjungan ke KPU tersebut dilaksanakan pada hari Senin, (23/3/2015) kemarin, bertempat di Jalan Pulau Sebesi Nomor 90 Sukarame Bandar Lampung.

Ayu Widya Puspita selaku kepala bidang hublu menyebutkan tujuan dari diadakannya kunjungan tersebut yaitu, "Tujuan dilaksanakan kunjungan ke KPU ini adalah untuk mengenalkan KPU lebih jauh kepada mahasiswa Ilmu Administrasi Negara dan mengetahui kiprah KPU terkhusus KPU Kota Bandar Lampung", Ujarnya.

Kegiatan kunjungan tersebut berlangsung pukul 15:00 WIB dengan dibuka oleh perwakilan dari KPU Bapak Dedy Triadi S.E , Bapak Fery Triatmojo, S.A.N., MPA, dan Bapak Jay selaku sekretaris KPU Kota.

Sekretaris KPU Kota, Jay mengatakan dalam sambutannya bahwa KPU memiliki tiga sifat, yaitu Nasional, Mandiri dan Independen. Dikatakan Nasional adalah karena harus mencakup wilayah seluruh Indonesia. 

KPU merupakan salah satu pilar penting negara dan merupakan lembaga yang dibentuk berdasarkan Konstitusi. Jay menambahkan, Bahwa KPU tentunya ada komisioner, dimana komisioner memiliki tugas sebagai penyelenggara dan pengambil kebijakan. Sementara untuk jabatan Komisioner bersifat 5 tahunan.

Sementara Fery Triatmojo, S.A.N., MPA menerangkan bahwa saat ini setelah dikeluarkannya UU No. 1 Tahun 2015, Pemilu dan Pilkada dilaksanakan secara terpisah. Pemilu adalah pemilihan umum dimana yang dipilih adalah Presiden dan Wakil Presiden dan Anggota Legislatif. Sedangkan Pilkada adalah pemilihan kepala daerah (Gubernur, Walikota, Bupati). 

Generasi Muda sebagai Pemilih Pemula atau pun pemilih muda sangat penting di dalam suatu pemilihan. Jumlah suara pemilih muda yang terbilang cukup besar merupakan hal yang sangat dibutuhkan dalam proses pemilihan baik pemilu ataupun pilkada. 

Dedy Triadi, S.E mengatakan tingkat partisipasi pemilih muda yang masih 60% membuat KPU terutama KPU Kota Bandar Lampung berencana membuat terobosan di dalam meminimalisir tingkat golongan putih dikalangan pemilih muda dengan berencana melibatkan Mahasiswa untuk dapat menaikkan tingkat partisipasi pemilih muda. 

"Kami ingin memaksimalkan suara pemilih muda terutama rantauan seperti di Kampung Baru yang tingkat golongan putihnya terbilang tinggi, tentunya dengan dukungan dan bantuan dari Mahasiswa yang juga sebagai pemilih muda", ujarnya.

Dokumentasi:



0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Karya Tulis dan Info Lomba